Billboard Ads

Cara Merekam Layar di Windows 11


Merekam layar Anda adalah cara yang baik untuk menangkap proses, atau bahkan hanya sesuatu yang menyenangkan atau menarik. Windows 11 dilengkapi dengan solusi bawaan untuk perekaman layar, tetapi Anda juga dapat menggunakan aplikasi lain.

Rekam Layar Anda Menggunakan Xbox Game Bar

Satu-satunya solusi bawaan untuk merekam layar Anda di Windows 11 adalah dengan menggunakan Xbox Game Bar, yang dilengkapi dengan Windows 11 secara default. Untuk membuka Xbox Game Bar, tekan pintasan keyboard Windows+G, atau cari di menu mulai.

Xbox Game Bar akan muncul di bagian atas layar Anda. Klik ikon "Kamera" untuk membuka jendela Tangkap.

Jendela Capture adalah tempat Anda dapat memilih opsi untuk merekam layar Anda. Namun, Anda akan ingin mengaktifkan (atau menonaktifkan) mikrofon Anda sebelum Anda melakukannya. Jika Anda ingin berbicara saat merekam layar, pastikan ikon Mikrofon tidak dicoret dengan garis, atau sebaliknya.

Membisukan atau menyalakan mikrofon Anda selama perekaman layar.

Saat Anda siap merekam, klik tombol "Rekam", yang merupakan tombol dengan lingkaran putih solid.

Tombol rekam.

IKLAN

Layar Anda akan mulai merekam. Setelah selesai, klik tombol "Stop", yang merupakan kotak putih solid. Terletak di tempat yang sama dengan tombol Rekam sebelumnya.

Tombol untuk berhenti merekam.

Untuk menemukan rekaman Anda, klik "Tampilkan Semua Tangkapan" di bagian bawah jendela Tangkap.

Tampilkan semua tangkapan.

Hanya itu yang ada untuk itu!

Screenrecord Menggunakan Microsoft PowerPoint

Meskipun bukan metode bawaan, PowerPoint dikembangkan oleh perusahaan yang sama dengan Windows, sehingga Anda dapat dengan aman menggunakan aplikasi ini untuk merekam layar Anda tanpa khawatir tentang crapware yang sering dilengkapi dengan unduhan pihak ketiga.

Untuk merekam layar Anda dengan PowerPointbuka PowerPoint, klik tab "Sisipkan", lalu pilih "Perekaman Layar" dari grup Media.

Opsi perekaman layar di PowerPoint.

PowerPoint akan hilang dan bilah kecil akan muncul di bagian atas layar Anda. Di sebelah kanan bilah menu, Anda dapat memilih apakah Anda ingin merekam audio dan /atau kursor Anda. Jika opsi disorot dalam warna persik, maka opsi tersebut diaktifkan, dan sebaliknya.

Rekam audio dan/atau penunjuk.

Selanjutnya, Anda harus memilih area layar yang ingin direkam. Kursor Anda adalah tanda plus secara default setelah bilah menu muncul, jadi klik dan seret mouse Anda melintasi layar untuk memilih area yang ingin Anda rekam. Area ini dikotak-kotakkan oleh garis merah berlubang.

Area layar yang dipilih yang ingin Anda rekam.

IKLAN

Saat Anda siap merekam, klik opsi "Rekam" di bilah menu.

Tombol rekam PowerPoint.

Layar Anda akan mulai merekam. Anda dapat menjeda rekaman dengan mengklik opsi "Jeda" di bilah menu, dan melanjutkan dengan mengklik "Putar", yang hanya akan muncul jika Anda menjeda layar. Atau, jika Anda selesai merekam, klik "Stop," yang merupakan kotak biru padat.

Perhatikan bahwa bilah menu akan hilang saat merekam. Untuk membuatnya muncul kembali, bawa mouse Anda ke bagian atas layar Anda.

Opsi Jeda dan Hentikan perekaman.

Setelah Anda selesai merekam, rekaman akan muncul di slide PowerPoint Anda. Untuk mengunduhnya, klik kanan rekaman lalu pilih "Simpan Media Sebagai" dari menu konteks.

Opsi Simpan Media Sebagai.

Dari sana, cukup pilih lokasi yang ingin Anda simpan rekaman di PC Anda.

Terkait: Cara Merekam Layar Anda dengan Microsoft PowerPoint

Tangkap Layar Anda Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk merekam layar Anda di Windows 11, dan tentu saja tidak ada kekurangan dari mereka. Saat mencari aplikasi pihak ketiga, pastikan untuk hanya mengunduh dari sumber asli. Dengan kata lain, jika Anda ingin mengunduh Screenpresso (yang berfungsi cukup baik), pastikan untuk mengunduhnya dari situs web resmi mereka.

Jika Anda telah memutuskan untuk menggunakan rute aplikasi pihak ketiga, pastikan Anda menggunakan perangkat lunak antivirus. Jadilah rajin saat mengunduh barang secara online, dan selalu pastikan untuk mengikuti praktik keamanan siber dasar.

Terkait: 8 Tips Cybersecurity untuk Tetap Terlindungi di 2022

Baca Juga
Posting Komentar