Billboard Ads

Bagaimana Mempersiapkan Wawancara Kerja: 10 Langkah Untuk Diikuti




JANGAN berasumsi bahwa wawancara kerja hanyalah formalitas sebelum Anda menerima tawaran pekerjaan.

Sebaliknya, anggap wawancara kerja sebagai "audisi". Ini adalah kesempatan Anda untuk menunjukkan etos kerja dan keterampilan Anda.

Jaringan dan/atau resume Anda membuat Anda mendapatkan wawancara ini. Sekarang Anda dapat mendekati tawaran pekerjaan.

Tunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik dengan pekerjaan itu dengan mempersiapkan diri dengan baik untuk wawancara — sering kali dilihat oleh pemberi kerja sebagai contoh kualitas pekerjaan Anda.

Banyak perekrut telah berbagi dengan saya bagaimana satu hal itu — yang jelas-jelas dipersiapkan dengan baik — dapat membuat, atau menghancurkan, peluang kandidat pekerjaan untuk mendapatkan pekerjaan baru.

Jangan lupa bahwa wawancara juga merupakan kesempatan Anda untuk mengumpulkan informasi dan intelijen tentang apakah Anda ingin bekerja untuk majikan ini atau tidak. Persiapan Anda akan membantu Anda memahami pertanyaan untuk ditanyakan kepada MEREKA untuk mengklarifikasi kekhawatiran Anda tentang mereka.

Pertanyaan Persiapan Wawancara:
Ketahui Jawaban Anda untuk Pertanyaan Wawancara Umum 

Siapkan Jawaban Cerdas Anda untuk Pertanyaan Wawancara Umum dan tinjau Strategi Cerdas untuk Menjawab Pertanyaan Wawancara Perilaku . Berlatihlah dengan teman, video, atau cermin Anda.

Dalam panduan ini, kami membahas pertanyaan yang akan ditanyakan kepada Anda, seperti “ Ceritakan tentang diri Anda ” dan “ Apa kelemahan terbesar Anda? Mengetahui dan mempraktikkan jawaban Anda sangat penting untuk kesuksesan Anda.

Persiapan Wawancara Kerja: 10 Langkah

Apakah wawancara dilakukan secara langsung atau melalui Zoom, ketahuilah sebanyak mungkin tentang pekerjaan, organisasi, kompetisi, lokasi, dan industri.

Persiapan wawancara Anda termasuk meneliti organisasi dan, jika mungkin dan tanpa “menguntit” mereka, juga meneliti orang-orangnya.

Internet menyediakan banyak informasi bagi pencari kerja. Ini adalah 10 (atau lebih) tempat di mana Anda dapat memulai penelitian Anda.

Jika Anda punya waktu, teruslah mencari. Semakin banyak Anda tahu, semakin baik Anda. Anda tidak hanya akan berada dalam mode knock-the-socks-off untuk wawancara, penelitian Anda dapat membantu Anda menentukan bahwa majikan mungkin bukan tempat yang baik bagi Anda untuk bekerja.

Selama proses persiapan ini, catatlah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Di akhir penelitian Anda, Anda harus memiliki ide bagus tentang apa yang harus dikatakan ketika mereka bertanya, "Apakah Anda memiliki pertanyaan untuk kami?"

1. Sangat hati-hati menganalisis deskripsi pekerjaan.

Terlalu mudah untuk melewatkan langkah ini dan kesalahan yang sering mematikan jika Anda melakukannya.

Mintalah salinan deskripsi pekerjaan kepada mereka, jika Anda belum memilikinya. Kemudian membacanya kata demi kata. Perhatikan baik-baik:

  • Bagaimana mereka menggambarkan diri mereka sendiri – jika mereka menggambarkan diri mereka sendiri.
  • “Persyaratan” pekerjaan – pengalaman, keterampilan, pendidikan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan itu.
  • “Tugas” pekerjaan – apa yang akan menjadi tanggung jawab orang yang melakukan pekerjaan itu.
  • Setiap kebutuhan yang "bagus untuk dimiliki" yang tidak ditentukan sebagai persyaratan untuk pekerjaan ini, tetapi merupakan keterampilan atau pengetahuan yang akan memberi Anda poin bonus.
  • Dimana pekerjaan itu berada. Apakah pekerjaan jarak jauh paruh waktu atau sepanjang waktu? Jika jauh, apakah aspek pekerjaan yang jauh itu tampaknya permanen atau sementara? Jika pekerjaannya tidak jauh, seberapa baik atau buruk perjalanan Anda ke pekerjaan itu?

Buat Daftar Periksa Wawancara Anda: Buat daftar tentang bagaimana Anda memenuhi persyaratan mereka, memiliki kemampuan yang terbukti untuk menyelesaikan tugas, dan merupakan kandidat "ideal" untuk pekerjaan ini.

Jangan berasumsi bahwa persyaratan dan tugas pekerjaan harus sesuai dengan urutan kepentingannya — memang seharusnya begitu, tetapi tidak selalu dalam urutan yang diinginkan pewawancara. Jadi, fokuslah pada kekuatan Anda.

2. Siapkan contoh pencapaian Anda.

Mengatakan Anda sangat ahli dalam sesuatu tidak seefektif berbagi pencapaian yang membuktikan tingkat keahlian Anda. Cara terbaik untuk membagikan pencapaian Anda adalah dengan menjelaskan situasi di mana Anda berhasil menggunakan keterampilan itu. Pikirkan ini sebagai "bercerita sukses."

Pikirkan saat-saat ketika Anda telah berhasil menavigasi melalui situasi yang sulit atau menantang. Jika memungkinkan, fokuslah pada situasi yang berhubungan dengan pekerjaan atau, setidaknya, ketika Anda telah mencapai sesuatu yang berhubungan dengan apa yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini. Misalnya, ketika Anda:

  • Memecahkan masalah, besar atau kecil.
  • Dibuat proses baru.
  • Memimpin tim (sebagai pemimpin tim atau tidak).
  • Mengelola situasi (sebagai manajer atau tidak).
  • Melakukan sesuatu yang lain yang inovatif atau orisinal.

Lebih disukai, pencapaian ini membantu atasan Anda meningkatkan profitabilitas, mengurangi pengeluaran, meningkatkan kepuasan pelanggan atau karyawan, atau memberikan beberapa manfaat besar lainnya kepada atasan Anda saat itu. Kemudian, buat deskripsi STAR untuk setiap situasi:

S — Situasi — keadaan dan konteks.
T — Tugas — masalah yang Anda tangani atau tujuan yang ingin Anda capai.
A — Tindakan — apa yang Anda lakukan untuk menyelesaikan Tugas dengan sukses.
R — Hasil — resolusi situasi yang berhasil.

Untuk contoh cerita STAR, baca Be a STAR di Your Next Job Interview . Kabar baiknya adalah setelah Anda menyiapkan STAR, Anda juga dapat menggunakannya untuk menjawab banyak pertanyaan berbeda untuk perusahaan lain.

3. Periksa situs web organisasi.

Penipuan pekerjaan berlimpah hari ini! Jika perusahaan ini tidak memiliki situs web, lanjutkan.

Baik situs web perusahaan maupun halaman Perusahaan LinkedIn menyajikan "garis partai" tentang organisasi — apa yang mereka katakan kepada dunia, dan calon pelanggan/klien, tentang diri mereka sendiri. Saat Anda membaca, pertimbangkan: apakah informasi tersebut menimbulkan pertanyaan atau kekhawatiran bagi Anda ATAU apakah Anda menemukan peluang dan pekerjaan yang menarik?

Di situs web majikan, pelajari halaman beranda, tetapi jangan berhenti di situ. Baca bagian “Tentang Kami” dan “Hubungi Kami” untuk mempelajari lebih lanjut tentang siapa mereka dan siapa yang bertanggung jawab. Kemudian, lihat-lihat halaman lain.

  • Mengetahui industri atau tujuan organisasi. Pastikan itu yang Anda harapkan dan ingin terlibat di dalamnya.
  • Menjadi akrab dengan produk atau layanan. Tahu nama merek, jika ada, atau setidaknya tujuan atau fungsinya.
  • Periksa siaran pers atau berita terbaru tentang organisasi.
  • Cari nama pejabat senior atau pendiri dan karyawan lain yang sangat terlihat. Apakah ada di antara mereka yang Anda kenal atau mungkin Anda kenal?
  • Di mana mereka berada?
  • Apakah mereka memiliki pekerjaan mereka diposting?

Baca Cara Memanfaatkan Informasi di Situs Web Perusahaan untuk detail lebih lanjut tentang menggali informasi dari situs web perusahaan.

4. Gunakan mesin pencari dan YouTube untuk mengumpulkan informasi penting tentang organisasi.

Di sinilah Anda melihat seberapa baik "garis partai" di situs web berhubungan dengan apa yang dipikirkan seluruh dunia. Kenyataan tentang pemberi kerja bisa sangat berbeda dari apa yang dikatakan situs web kepada Anda, tergantung pada kualitas situs web dan/atau kualitas organisasi.

Jika Anda memiliki nama produk atau layanan, gunakan mesin pencari (atau dua) untuk melihat apa yang ditulis, dikatakan, dan direkam tentang produk atau layanan tersebut. Gali melewati beberapa halaman pertama hasil.

Cari ulasan produk atau layanan.

Carilah pelanggan yang senang dan tidak senang serta alasan keduanya. Cari nama organisasi pesaing dan produk atau layanan pesaing. Berhati - hatilah dalam membagikan apa yang telah Anda temukan. Hal yang paling cerdas mungkin menggunakan informasi sebagai dasar untuk mengajukan pertanyaan (tanpa mengacu pada penelitian Anda) dan mengamati apa yang terjadi ketika Anda berada di sana. Juga, gunakan ulasan ini untuk mengarahkan penelitian lebih lanjut.

Untuk menemukan ulasan tersebut, lakukan penelusuran di “ulasan [nama perusahaan]” dan “ulasan [nama produk atau layanan]”. Pertahankan tanda kutip, untuk pencarian Anda, tetapi ganti apa yang ada di dalam kurung dengan istilah yang ditentukan.

Kumpulkan informasi tentang organisasi dan pesaingnya:

(Pesaing juga bisa menjadi tempat yang baik bagi Anda untuk bekerja.)

  • Sudahkah mereka menyediakan video tentang cara menggunakan produk atau layanan mereka? Lihat mereka untuk melihat apa yang Anda pelajari tentang mereka. Apakah Anda melihat di mana Anda dapat memberikan kontribusi?
  • Apakah beberapa eksekutif telah direkam memberikan ceramah di konferensi? Tonton satu atau dua video, dan ketahui tanggal dan nama konferensi. Sekali lagi, apakah penelitian ini menimbulkan pertanyaan atau menunjukkan peluang kepada Anda? Apa reputasi mereka? Pengalaman dan pendidikan?

Pencarian ini akan memungkinkan Anda untuk mengetahui apa yang dikatakan seluruh dunia tentang mereka dan seberapa baik mereka melakukan apa yang mereka lakukan. Seperti biasa dengan ulasan online, pahami bahwa orang yang marah menulis ulasan lebih sering daripada yang bahagia, jadi kemungkinan besar Anda akan melihat opini paling negatif, biasanya bukan representasi yang seimbang (atau, terkadang, bahkan jujur) tentang seberapa baik mereka beroperasi.

Namun, pencarian ini akan memungkinkan Anda untuk secara potensial melihat di mana mereka membutuhkan bantuan yang mungkin Anda orang yang tepat untuk diberikan. Atau, mereka dapat membantu Anda menghindari situasi yang buruk.

Untuk penelusuran lebih lanjut, lihat Persiapan Wawancara dengan Riset Google Cerdas , dan 50+ Penelusuran Google untuk Menghindari Pemberi Kerja yang Buruk dan Penundaan PHK .

Baca laporan tahunan mereka, jika tersedia.

Jika pemberi kerja adalah perusahaan yang menjual saham di pasar saham di Amerika Serikat, carilah laporan keuangan terbaru di AnnualReports.com . Perusahaan dengan saham "diperdagangkan secara publik" harus menerbitkan laporan keuangan yang diaudit secara independen setiap tahun. Laporan triwulanan juga diperlukan, tetapi tidak harus diaudit secara independen.

Dalam laporan tahunan, Anda akan menemukan rincian tentang penjualan, keuntungan, eksekutif kunci, lokasi, dan banyak lagi untuk perusahaan ini. Juga, cari melalui AnnualReports.com untuk menemukan laporan terbaru dari pesaing perusahaan ini. Mereka adalah tambang emas informasi, jika tersedia.

5. Periksa Profil Perusahaan LinkedIn dan Facebook.

Mudah-mudahan, Anda sudah menemukan tautan ke profil ini dengan pencarian Google (Langkah 3 di atas). Klik tautan untuk melihat informasi tambahan apa yang dapat Anda temukan.

Pencarian LinkedIn Perusahaan

Di LinkedIn , istilah "perusahaan" meluas ke distrik sekolah, organisasi nirlaba, lembaga pemerintah, dan entitas non-korporat lainnya. Untuk menemukan perusahaan, ketik nama perusahaan di bilah pencarian, dan di halaman hasil pilih "Perusahaan" dari daftar di bawah bilah pencarian saat Anda memasukkan kueri.

Bagi banyak organisasi, mulai dari Fortune 500 hingga organisasi nirlaba kecil lokal, LinkedIn akan sering memiliki informasi tentang orang-orang yang bekerja di sana (dan bagaimana Anda "terhubung" dengan mereka di dalam LinkedIn) serta organisasi itu sendiri — ditambah lowongan pekerjaan.

"Ikuti" perusahaan untuk melihat pembaruan dan berita yang mereka posting, mengingat bahwa perusahaan biasanya memperhatikan siapa yang mengikuti mereka, yang bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai hubungan.

Halaman Perusahaan LinkedIn dapat memberikan informasi yang sangat baik untuk Anda serta jalur dalam ke pekerjaan baru!

  • Siapa di jaringan Anda yang bekerja untuk mereka, dan apa yang mereka lakukan?
  • Di mana karyawan saat ini bersekolah?
  • Di mana karyawan saat ini berada?
  • Pekerjaan apa yang dilakukan karyawan?
  • Jenis berita apa, jika ada, yang mereka posting di LinkedIn?
  • Apakah mereka memiliki pekerjaan yang diposting di LinkedIn?

Informasi ini memberi Anda orang-orang yang dapat Anda hubungi untuk mempelajari lebih lanjut tentang organisasi (sebelum dan sesudah wawancara). Yang terbaik dari semuanya, Anda mungkin menemukan koneksi yang dapat menempatkan Anda di jalur cepat ke pekerjaan baru — seorang karyawan yang akan merujuk Anda untuk suatu pekerjaan, cara favorit majikan untuk merekrut!

Baca Cara Memanfaatkan Tambang Emas Informasi Rahasia LinkedIn untuk detail lebih lanjut tentang menggali informasi dari halaman Perusahaan LinkedIn pemberi kerja.

Di Facebook, sebagian besar halaman perusahaan terbatas pada bisnis dengan beberapa entitas lain yang disertakan, kecuali distrik sekolah dan lembaga pendidikan lainnya seperti perguruan tinggi dan universitas. Jika ada halaman perusahaan, Anda biasanya akan menemukan berita terbaru serta acara, video, dan bahkan lowongan pekerjaan. Untuk ide lebih lanjut, baca Cara Menggunakan Facebook untuk Mempersiapkan Wawancara dan 7 Cara Meneliti Pemberi Kerja Potensial dengan Facebook .

Facebook, tentu saja, dapat memberikan banyak informasi (baik yang nyata maupun tidak), dan dapat memberi Anda wawasan tentang karyawan yang mungkin merupakan "teman dari teman" atau bahkan koneksi yang lebih dekat yang bekerja di sana. Ingat, majikan CINTA mempekerjakan seseorang yang dirujuk oleh karyawan saat ini, jadi ini bisa menjadi sumber lain untuk terhubung dan meminta rujukan.

6. Gunakan Google, YouTube, dan LinkedIn untuk meneliti nama apa pun yang Anda miliki.

Anda mungkin menemukan bahwa Anda memiliki kesamaan dengan seseorang yang mewawancarai Anda. Mungkin Anda kuliah di perguruan tinggi yang sama atau berbagi mantan majikan. Lihat juga, di mesin pencari dan LinkedIn.

Mudah-mudahan, Anda tahu nama-nama orang yang akan mewawancarai Anda. Jika mereka tidak ditawarkan saat wawancara dijadwalkan, mintalah mereka. Anda menginginkan nama dan jabatan mereka. Kemudian, kunjungi LinkedIn untuk melihat apa yang dapat Anda temukan tentang masing-masing — berapa lama mereka bekerja di perusahaan, di mana mereka pernah bekerja, di mana mereka bersekolah.

Jika mereka telah menulis dan memposting artikel di LinkedIn atau situs web lain, bacalah beberapa artikel tersebut. Cari tema (misalnya, pemasaran media sosial hebat atau penjualan internasional adalah masa depan perusahaan) dan apa pun yang mungkin Anda miliki bersamanya.

Cobalah untuk memahami jenis orang yang bekerja di sana. Apakah mereka semua pemegang gelar Ivy League tingkat lanjut, beberapa veteran USMC, kebanyakan berusia dua puluhan, semua satu jenis kelamin, semua satu ras, campuran usia dan ras, atau apa pun yang menarik perhatian Anda?

[Untuk tips lebih lanjut tentang menggunakan Google untuk penelitian, baca 50 Pencarian Google untuk Menghindari PHK dan Majikan yang Buruk .]

7. Lihat apa yang ditampilkan Vault, Comparably, dan Glassdoor tentang majikan.

Vault.com, Comparably.com, dan Glassdoor.com mengumpulkan dan menyediakan informasi tentang banyak perusahaan yang berbeda.

Valut.com mengumpulkan ulasan dan informasi lain tentang pemberi kerja (gaji, wawancara, kontak) untuk disediakan bagi pencari kerja. Mereka juga mengumpulkan daftar berbagai jenis pemberi kerja, setiap tahun — Firma Hukum Teratas, Perusahaan Konsultan Teratas, Agen Periklanan Terbaik, dan banyak lagi.

Comparably.com menawarkan daftar pekerjaan dengan gaji terbaik, kompensasi kesetaraan oleh pemberi kerja, perusahaan peringkat teratas berdasarkan lokasi, dan banyak lagi tentang "budaya" pemberi kerja — peringkat tim manajemen, perlakuan terhadap perempuan dan minoritas, dan banyak lagi.

Glassdoor.com juga mengumpulkan ulasan karyawan (dan mantan karyawan). Ulasan pemberi kerja dapat mencakup kumpulan pertanyaan yang tampaknya digunakan oleh pemberi kerja tertentu dalam wawancara kerja mereka.

Dalam kedua kasus tersebut, informasi disediakan oleh orang-orang yang mengunjungi situs web dan yang mungkin, atau mungkin tidak, memberikan informasi yang baik, terkini, andal, dan/atau diartikulasikan dengan baik. Jadi, gunakan informasi dengan mengingat hal itu.

Sebanding dan Glassdoor juga memiliki informasi gaji yang tersedia, dilaporkan oleh karyawan, untuk digunakan dengan hati-hati, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

8. Siapkan pertanyaan dan negosiasi ekspektasi gaji.

Diskusi ini akan terjadi sehingga pertahanan terbaik adalah pelanggaran yang baik. Jika pekerjaan itu adalah salah satu dari sedikit dengan kisaran gaji yang diposting, jangan menaruh hati Anda di atas kisaran itu kecuali Anda sangat berpengalaman dalam pekerjaan itu.

Tiga strategi negosiasi penting:

  • Ketahui target gaji Anda.

    Dasarkan angka itu pada penelitian Anda tentang pekerjaan ini dan perusahaan ini , bukan pada riwayat gaji Anda.

    Gaji Anda saat ini atau baru-baru ini TIDAK relevan. Apa majikan yang berbeda membayar Anda untuk melakukan pekerjaan yang berbeda sesuai dengan persyaratan, proses, dan sumber daya mereka tidak erat – bahkan jika jabatannya sama dengan kedua majikan.

    Salary.com, PayScale, Glassdoor, dan pekerjaan yang diposting di LinkedIn dan Indeed dapat memberi Anda informasi yang baik berdasarkan pekerjaan, perusahaan, dan lokasi.

  • Siapkan opsi untuk meningkatkan penghasilan Anda atau mengimbangi beberapa pengeluaran.

    Gaji Anda hanyalah satu bagian dari "kompensasi total" yang biasanya mencakup liburan, hari sakit, hari pribadi, asuransi, saham, kontribusi 401(k), dan banyak lagi.

    Bonus dan komisi juga sering menjadi bagian dari kompensasi untuk pekerjaan jenis penjualan. “Manfaat tambahan” lainnya dapat mencakup penggantian biaya kuliah, tunjangan komuter, dan pertanggungan biaya lainnya. Pikirkan bentuk kompensasi lain yang dapat Anda terima sebagai ganti gaji yang lebih tinggi. “Bonus penandatanganan” menjadi lebih populer, tetapi mereka hanya menaikkan gaji Anda untuk tahun pertama .

  • Ketahui "nomor walk-away" Anda.

    Nomor walk-away Anda adalah gaji minimum Anda yang dapat diterima, dan titik di mana Anda menolak tawaran mereka atau mengakhiri negosiasi.

    Ini adalah posisi negosiasi yang sangat kuat, tetapi Anda harus siap untuk memenuhinya — menggertak tentang menjauh bukanlah ide yang baik karena mereka mungkin membiarkan Anda berjalan.

Periksa situs, tercantum di atas, yang menawarkan informasi gaji untuk berbagai jabatan dan pemberi kerja. Ini adalah data yang berguna, tetapi ingat:

  • Untuk sebagian besar situs, data gaji dilaporkan oleh individu, tidak diverifikasi oleh pemberi kerja.
  • Individu yang melaporkan gaji mereka mungkin melaporkan “gaji kotor” mereka (bayar sebelum pajak dan potongan lainnya dihapus) atau “gaji bersih” mereka (gaji kotor dikurangi pajak dan potongan lainnya).
  • Kompensasi lainnya (liburan, asuransi, bonus, dll.) mungkin disertakan atau tidak.
  • Pekerjaan dengan judul pekerjaan yang sama belum tentu sama ketika untuk majikan yang berbeda atau bahkan untuk divisi yang berbeda dari majikan yang sama.

Karena Anda mungkin ditanya dalam wawancara tentang ekspektasi gaji Anda, siapkan jawaban Anda. Tentukan ekspektasi gaji Anda untuk pekerjaan itu, berdasarkan pengalaman Anda selama bertahun-tahun, kecocokan Anda dengan persyaratan pekerjaan, ditambah pendidikan, lisensi, sertifikasi, dan kualifikasi teknis lainnya yang relevan.

Simak strategi dan contoh jawabannya di Cara Menjawab Pertanyaan Gaji Saat Ini dan Cara Menjawab Pertanyaan Harapan Gaji .

CATATAN: Riwayat gaji Anda TIDAK relevan dan juga tidak sah untuk ditanyakan di banyak lokasi .

Meminta gaji Anda saat ini atau baru-baru ini melanggar hukum di beberapa bagian AS: Albany County (di negara bagian New York), California, Delaware, Massachusetts, New York City, Oregon, dan Puerto Rico. Mudah-mudahan, negara-negara lain akan mengikuti.

Jika majikan bertanya berapa gaji Anda saat ini, tolak untuk menjawab pertanyaan itu. Sekalipun jabatannya sama, pekerjaannya berbeda dan pemberi kerja harus fokus untuk membayar semua karyawan dengan tepat, bukan berdasarkan apa yang dibayar oleh pemberi kerja sebelumnya.

Baca Cara Menjawab Pertanyaan Gaji Saat Ini untuk jawaban yang dapat Anda gunakan untuk menepis pertanyaan ini jika ditanyakan dan juga area mana yang melarang majikan menanyakan pertanyaan ini kepada kandidat pekerjaan.

9. Untuk wawancara langsung, kunjungi lokasi majikan sebelum wawancara jika memungkinkan.

Dengan mengunjungi lokasi majikan sebelum wawancara, Anda akan mendapatkan sedikit informasi yang sangat berguna. Informasi ini akan membantu Anda tiba tepat waktu, berpakaian dengan tepat.

Kunjungan pra-wawancara (“pengintaian” dalam istilah militer) akan membantu Anda:

  • Dapatkan gambaran tentang waktu perjalanan, metode terbaik, parkir (jika perlu), dan biaya yang diperlukan untuk pergi dan pulang kerja.
  • Memiliki kesempatan untuk mengamati lokasi. Apakah itu terlihat dan terasa aman? Apakah terlihat terpelihara dengan baik dan cukup makmur?
  • Periksa karyawan (dan, mungkin, pelanggan). Apakah mereka dalam pakaian bisnis formal, bisnis kasual, atau sangat santai?
  • Putuskan apakah karyawan (dan pelanggan) terlihat nyaman atau tidak bahagia/stres?

Intinya adalah Anda ingin mengetahui apakah majikan ini terlihat seperti tempat di mana Anda akan senang bekerja dan bepergian.

10. SEBELUM ANDA BERTINGGAL UNTUK WAWANCARA —

Periksa berita terbaru di Google Warta .

Lakukan sedikit riset terakhir ini sebelum Anda keluar dari pintu atau di ponsel pintar Anda (atau tablet) di ruang tunggu atau saat Anda melakukan perjalanan ke wawancara (dengan asumsi Anda TIDAK mengemudi!).

Periksa Google Berita untuk berita terbaru dari – dan tentang – organisasi. Anda tidak ingin terkejut, atau terlihat tidak tahu apa-apa, jika mereka memiliki berita BESAR terbaru – seperti produk atau layanan baru yang baru saja diluncurkan, pabrik baru dibuka (atau pabrik lama ditutup), CEO/COO/CFO baru dipekerjakan , dll. Akan lebih baik untuk mengetahui apakah harga saham baru saja melonjak (atau turun), dan, mungkin, mengapa perubahan besar itu bisa terjadi.

Pandemi Telah Mengubah Wawancara Kerja

Jelas, kami memiliki lebih sedikit pertemuan tatap muka selama pandemi, bahkan ketika merekrut karyawan baru. Ini berarti lebih banyak wawancara telepon dan, khususnya, peningkatan penggunaan wawancara video .

Wawancara video menawarkan kesempatan baik untuk wawancara pekerjaan dan juga untuk menunjukkan keterampilan dan kenyamanan Anda dengan penggunaan teknologi untuk komunikasi bisnis. Fokus belajar bagaimana sukses wawancara menggunakan teknologi agar lebih nyaman dan percaya diri dalam wawancara kerja Anda selanjutnya.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana wawancara telah berubah, baca Cara Berhasil dalam Wawancara Kerja Coronavirus yang mencakup pertanyaan wawancara baru yang mungkin diajukan oleh pemberi kerja dan pertanyaan baru untuk Anda tanyakan kepada pemberi kerja .

Intinya tentang Persiapan dan Perencanaan Wawancara Kerja

Manfaatkan penelitian dan persiapan Anda untuk membuat mereka terpesona dalam wawancara dan dapatkan tawaran pekerjaan yang bagus! Pramuka benar – bersiaplah untuk sukses dalam wawancara kerja Anda.

Jika wawancara dilakukan secara langsung, pastikan untuk tiba 10 atau 15 menit sebelumnya (JANGAN PERNAH TERLAMBAT!). Jika wawancara dilakukan melalui Zoom atau teknologi video lainnya, pastikan untuk menginstal perangkat lunak dan mengaktifkan kamera video dan mikrofon Anda. Semoga sebelum wawancara, cobalah berinteraksi dengan teman atau anggota keluarga menggunakan teknologi ini.

Pada hari wawancara, mulailah proses login satu atau dua menit lebih awal. Sekali lagi, seperti halnya tatap muka, JANGAN PERNAH TERLAMBAT! Tapi jangan terlalu dini.

Baik untuk tatap muka dan video, berpakaianlah dengan tepat, dengan pena dan kertas untuk membuat catatan, daftar pertanyaan Anda untuk mereka, ponsel Anda dimatikan, dan salinan resume Anda tersedia untuk diserahkan kepada pewawancara. Jika wawancara dilakukan melalui video atau telepon, cobalah untuk menemukan sudut yang tenang untuk wawancara dan siapkan resume dan deskripsi pekerjaan Anda di depan Anda untuk referensi mudah.

Lebih Banyak Tentang Sukses dalam Wawancara Kerja:

Baca Juga
Posting Komentar